Bahagia Itu Harus Diciptakan Oleh Diri Sendiri

  • Wijayanti
  • Jumat, 8 Oktober 2021 | 00:48 WIB
foto

Bahagia itu apa ? Bahagia itu milik siapa? Bahagia itu apa syaratnya? Bahagia itu dimana tempatnya?

Kebahagiaan ialah tetap bersyukur ketika sudah merasa cukup terhadap pemberian dan menerima ketetapan Allah,walaupun dalam keadaan yang sangat miskin.

Kekayaan tidak selalu berarti kebahagiaan.Tetapi kebahagiaan pastilah sebuah kekayaan,yang kadang bisa dilakukan dengan cara sederhana tanpa perlu ongkos banyak. 

Memberikan senyuman kepada orang lain,goreskan senyum pertama untuk diri sendiri dulu ciptakan bahagia diri,rasa senang dalam hati menyebar kepada orang orang yang berada disekitar,karena bahagia itu sederhana,syukuri apa yang dimiliki saat ini karena orang lain belum tentu memilikinya. 

Seorang yang belum menikah,ketika akan menikah berfikir ingin mendapatkan kebahagiaan dari pasangan hidupnya,bisa dilihat dari bagaimana dia bisa memberikan kebahagiaan kepada keluarga dan dirinya.orang yang mampu membahagiakan orang lain adalah orang yang telah mampu membuat dirinya bahagia. 

Kebahagiaan itu jangan hanya ilusi belaka. Seandainya tidak ada kita harus menciptakan nya,Ya -pencipta kebahagiaan adalah diri kita sendiri,bahkan bahagia sejatinya berada sangat dekat dengan diri sendiri dia berada dalam sanubari ( hati). 

Alkisah ada seorang yang sejak lahir dia sudah kaya raya.karena orang tuannya memang konglomerat. Sejak sekolah dasar sampai universitas,dia tidak pernah tahu artinya susah engga ada uang,engga pernah perlu meminta. uang sudah selalu tersedia, diberi orang tuanya bahkan staff khusus untuk melayani semua kebutuhannya selalu mendampingi kemanapun dia berada. 

Suatu ketika disalah satu tempat hiburan termahal di dunia,dia didampingi banyak wanita berkelas model,bagaimanapun para wanita itu memanjakannya,tidak membuat dia nampak bahagia.berkesan,bahkan merasa hanya biasa saja bahkan terlihat sangat hambar. 

Belakangan terkabar,dia masuk rehabilitasi,karena kecanduaan obat terlarang. mengapa dia sampai kecanduan narkoba,sangat membuat terkejut hanya karena kesepian,sehingga yang bisa menentramkan dan penuh bahagia hanyalah euforia,alasannya. 

Ternyata kesepian dari semua apa yang dia punya, itulah yang membuat dia kecanduan narkoba.Apa artinya? orang merindukan ketidak adaan di saat dia mempunyai segala galanya. Sangat ironi sekali,karena orang sekitarnya mencintapkan suasana dalam keseharianya tanpa menegurnya kecuali selalu memujinya.Tapi sedikitpun tidak tahu arti kebahagiaan,dalam benaknya bahagia itu tidak pernah susah. 

Pemikiranya sangat sederhana bagi saya,orang yang berasal dari keluarga miskin,yang dikatakan itu sangat masuk akal,dan saat itu saya merasa sangat kaya dibandingkan dia. Mengapa ? karena saya tahu arti bahagia. 

Saya pernah merasakan tidak punya uang dan direndahkan orang karena tidak punya uang. 

Saya pernah merasakan betapa kematian itu sangat dekat ketika jatuh sakit . 

Karenanya ketika ada harta dan sehat,yang ada adalah rasa syukur tak terbilang.

Tapi bukan hanya orang sedari kecil kaya hidupnya hampa,Ada juga yang masa kecilnya menderita dan perkawinannya gagal karena masalah ekonomi, setelah punya harta,dia sendiri malah tidak merasa bahagia. 

Apa penyebabnya? Dia tidak menemukan pasangan yang selalu bisa memujanya.Padahal dari pernikahanya dia menhabiskan banyak uang artinya dalam keadaan tidak punya uang dan punya uang, orang terdekat tidak selalu memujinya.  

Semua itu dampak rasa yang selalu kurang dan merasa tidak bahagia akibat kurangnya bersyukur atas karunia Allah SWT makanya sangat jauh tercipta bahagia dalam hidupnya. 

Bagikan melalui
Berita Lainnya
PEMKOT Bandung Siap Ikuti Arahan Pusat Terkait Libur NATARU
31M Dana Hibah Kota Bandung Untuk Gerakan Magrib Mengaji
DPKP Wujutkan Komitmen Taman RW Dan Taman Ramah Disabilitas
Oded M Danial ( Wali Kota Bandung) Apresiasi Buruh Dan Pengusaha Soal UMKM
posyandu Garda Terdepan Membangun SDM Unggul : Wali Kota Bandung