Skyscraper
Skyscraper

Jangan Sekedar Gelas,Jadilah Danau Bahkan Laut

foto

waluyajaya.com -- Hidup jangan sekedar  menjadi gelas,jadilah danau bila perlu jadilah Laut.

Sugeng rahayu kangge poro sesepuh lan poro guru katresnanan kulo ingkang minulyo dipun tresnani Dening Gusti Kang Murbeing Dumadi .

Joyo-joyowijayanti  Rahayu Bekti Kulo kunjuk.

Terlihat seorang murid nya ketika wajah nya belakangan ini selalu tampak murung. Kenapa kau selalu murung, nak? Bukankah banyak hal yang indah di dunia ini? Ke mana perginya wajah bersyukurmu?” sang Guru bertanya.

Menjawablah dia belakangan ini hidup saya penuh masalah. Sulit bagi saya untuk tersenyum. Masalah datang seperti tak ada habis-habis nya,” jawab sang murid muda. Sang Guru terkekeh.

“Nak, ambil segelas air dan dua genggam garam. Bawalah kemari. Biar kuperbaiki suasana hatimu itu.” Si murid pun beranjak pelan tanpa semangat. Ia laksanakan permintaan Guru nya itu, lalu kembali lagi membawa gelas dan garam sebagaimana yang diminta.

“Coba ambil segenggam garam, dan masukkan ke segelas air itu,” kata Sang Guru.“Setelah itu coba kau minum air nya sedikit.”

Si murid pun melakukan nya.Wajahnya kini meringis karena meminum air asin.

“Bagaimana rasanya?”guru bertanya.

“Asin, dan perutku jadi mual,” jawab si murid dengan wajah yang masih meringis.

Sang Guru terkekeh-kekeh melihat wajah murid nya yang meringis keasinan.“Sekarang kau ikut aku.” Sang Guru membawa murid nya ke danau di dekat tempat mereka.“Ambil garam yang tersisa, dan tebarkan ke danau.”

Tak pakai lama lama Si muridpun menebarkan segenggam garam yang tersisa ke danau, tanpa bicara.Rasa asin di mulut nya belum hilang. Ia ingin meludahkan rasa asin dari mulut nya, tapi tak dilakukan nya. Rasa nya tak sopan meludah di hadapan Mursyid, begitu pikir nya.

“Sekarang, coba kau minum air danau itu,” kata Sang Guru sambil mencari batu yang cukup datar untuk diduduki nya, tepat di pinggir danau.

Si murid menangkupkan kedua tangan nya, mengambil air danau, dan membawa nya ke mulut nya lalu meneguk nya. Ketika air danau yang dingin dan segar mengalir di tenggorokan nya,

Sang Guru bertanya kepada nya, “Bagaimana rasanya?”

“Segar, segar sekali,” kata si murid sambil mengelap bibir nya dengan punggung tangan nya.

Tentu saja,taukah kau bahwa danau ini berasal dari aliran sumber air di atas sana. Dan air nya mengalir menjadi sungai kecil di bawah yang telah mengalami beberapa tahap penyaringan,sehingga sampai kedanau dalam keadaan jernih menyejukan,yang  sudah pasti, air danau ini juga menghilangkan rasa asin yang tersisa di mulut nya.

“Terasakah rasa garam yang kau tebarkan tadi?” “Tidak sama sekali,”

Kata si murid sambil mengambil air dan meminum nya lagi.

Sang Guru hanya tersenyum memperhatikan nya, membiarkan murid nya itu meminum air danau sampai puas.

“Nak,” kata Sang Guru setelah murid nya selesai minum. “Segala masalah dalam hidup itu seperti segenggam garam,Tidakkurang, tidak lebih.Hanya segenggam garam. Banyak nya masalah dan penderitaan yang harus kau alami sepanjang kehidupanmu itu sudah dikadar oleh ALLOH, sesuai untuk dirimu tidak kurang tidak lebih.

Jumlah nya tetap, segitu-segitu saja, tidak berkurang dan tidak bertambah. Setiap manusia yang lahir ke dunia ini pun demikian.semua mengalami penderitaan yang sudah terukur kadarnya.

Tidak ada satu pun manusia, walaupun dia seorang Nabi, yang bebas dari penderitaan dan masalah.

” Si murid terdiam, mendengarkan.

“Tapi Nak, rasa ‘asin’ dari penderitaan yang dialami itu sangat tergantung dari besarnya qalbu ( hati ) yang menampung nya. Maka dari itu supaya tidak merasa menderita, berhentilah jadi gelas. Jadikan qalbu ( hati ) dalam dadamu itu jadi sebesar danau atau lautan yang sangat luas.

” Perluas sabar kita sebesar dunia seisinya, perbanyak dan perluas sabar kita seluas lautan,sehingga bertebaran kebahagiaan memenuhi ruang lingkup kehidupanmu.

WJ RED

WJ.@Wijayanti

 

 

 

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Jatuhkan pilihanmu, Pada Laki Laki Yang Paham Agama
Rapat Terbatas Forkopinda Kota Bandung Bahas Agenda Evaluasi PPKM
PEMKOT Bandung Dalam Rangka Hari Tanpa Tembakau Sedunia Launcingkan PERDA kawasan Bebas Rokok
Pemkot Bandung Segera Pindahkan MPP ( Mal Pelayanan Publik) Dari Kosambi Ke Jalan Cianjur
Wali Kota Bandung Oded M Danial Ikut Rakernas Ini Arahan Presiden