Umat Budha Rayakan Hari Waisak Dengan Keterbatasan

foto

Umat Budha Di Bandung Rayakan Hari Waisak Dengan Keterbatasan

waluyajaya.com - Umat Budha di Indonesia tengah merayakan Hari Waisak 2565 TB, tak terkecuali di Kota Bandung, Jawa Barat.

Mereka merayakan Hari Waisak dengan bersembahyang di Vihara Dharma Ramsi, Jamika, Bandung. Salah satu umat Budha yang sembahyang di Vihara Dharma Ramsi adalah Johan.

Meski masih bisa memperingati Waisak dengan sembahyang, pria 65 tahun tersebut mengatakan tetap saja perayaan 2021 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelum pandemi Covid-19.

“Perayaan waisak sekarang banyak dukanya, karena enggak ada kegiatan seperti sebelum pandemi Covid-19,” kata Johan Rabu, 26 Mei 2021. Ia berharap program vaksinasi Covid-19 dari pemerintah berjalan lancar.

Sehingga, kata pria yang tinggal di Jalan Cibadak, Kota Bandung ini pandemi Covid-19 segera berakhir. “Mudah-mudahan program vaksinasi ini lancar jadi Covid-19 dapat diatasi. Yang sedang sakit juga pada sembuh,” tuturnya.

Harapan Lingling berbeda dari Johan. Ia tak berbicara perihal pandemi Covid-19. Pada Waisak 2021, wanita 50 tahun tersebut berdoa untuk keluarganya. “Dapat rezeki dari berbagai penjuru dan jodoh untuk anak-anak saya,” kata Lingling.

Berdasarkan pantauan Limapagi, Vihara Dharma Ramsi menerapkan protokol kesehatan bagi umat Buddha yang akan melaksanakan sembahyang di Hari Waisak ini.

Pihak tempat ibadah melakukan pengecekan suhu sebelum mereka memasuki vihara.

Mereka yang merayakan Waisak dengan sembahyang wajib memakai masker, mencuci tangan sebelum masuk vihara, dan menjaga jarak.

Salah satu bentuk menjaga jarak, yang diterapkan yakni pembatasan jamaah pada altar persembahyangan.

Untuk menghindari kerumunan, umat Buddha yang berada di altar tidak lebih dari tiga orang.

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Kehidupan Terlihat Indah Bila Melihatnya Dengan Mata Hati
MPC PP Kota Bandung Menetapkan : Hegun Sebagai Sekertaris
Buta,Tuli,Bisu ; Dapat Menghindarkan Dari Rasa Kecewa
Penyaluran BANSOS PPKM Darurat Pemkot Bandung Sudah Mencapai 99%
Kenakan Denda 500 Ribu Bila Terdapat Pelanggaran PPKM : Kabit PPHD