Skyscraper
Skyscraper

Rp 12 Milar Peruntukan Pelkades Di Pemkab Garut

  • Wijayanti
  • Rabu, 2 Desember 2020 | 02:10 WIB
foto

Pemkab Garut Anggarkan Rp12 Miliar untuk Pilkades Serentak 2021 Kepala DPMD Kabupaten Garut, Aji Sukarmaji, di kantornya, Jalan Otista Garut, Selasa (1/12/2020).

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) akan melakanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak pada tahun 2021, dengan besaran biayanya yang dianggarkan mencapai Rp12 miliar.

“Tahapan-tahapannya kita mulai dari Bulan Januari 2021. Anggaran yang diusulkan untuk Pilkades ini sebesar Rp12.911.000 ditujukan untuk bantuan keuangan panitia pilkades di tingkat desa,” ujar Kepala DPMD Garut, Aji Sukarmaji, Selasa (1/12/2020).

Ia menuturkan, bantuan keuangan ini akan terbagi menjadi dua sistem, yakni sistem bantuan sama besar (flat), dan sistem proporsional menyesuaikan dengan hak pilih yang ada di desa. Baca Juga:

AG dan Pria Bertopeng di Video "Vina Garut" Patungan Bayar Jasa V “Bantuan keuangan untuk Pilkades ini terbagi ke dalam dua sistem. Yang pertama yaitu seluruh desa akan mendapatkan bantuan keuangan pelaksanaan Pilkades dengan jumlah yang sama (flat) sebesar Rp40 juta.

Yang kedua yaitu sistem proporsional, di mana dari hak pilih dikalikan Rp4.000,” jelas Aji. Sekretaris DPMD Garut, Rena Sudrajat, menambahkan, Pilkades kali ini semuanya akan menggunakan dana APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kabupaten Garut.Tasikmalaya - Banjar Ditenderkan Awal Tahun 2019 “Kami sampaikan kepada desa-desa semua sesuai dengan Permendagri (Peraturan Menteri Dalam Negeri) No. 65 Tahun 2017 perubahan atas Permendagri No 112 Tahun 2014 tentang Pilkades, bahwa anggaran untuk Pilkades ditanggung sepenuhnya oleh APBD,” kata dia.

Pihaknya mengimbau kepada desa-desa karena di bulan Desember ini merupakan bulan penyusunan APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa) 2021 agar para pemerintahan desa tidak menganggarkan dana untuk Pilkades dari APBDes karena Pilkades sekarang ini ditanggung oleh APBD. Baca Juga:

Warga Panyingkiran Garut Gunakan Air Kali untuk Kebutuhan Sehari-hari Rena menjelaskan, jika sesuai dengan rencana Pilkades sendiri akan dilaksanakan pada bulan Juni tahun 2021 di 217 desa yang tersebar di 40 kecamatan se-Kabupaten Garut. “Rangkaian Pilkades ini dimulai dari persiapan, pelaksanaan dan selanjutnya. Mudah-mudahan jika sesuai dengan rencana, maka kami akan melaksanakan pemilihan kepala desa secara serentak pada bulan Juni 2021,” kata dia. 

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Sah ...Gibran Teguh Ditetapkan Sebagai Walikota Solo Tak Ada Pelanggaran Perkara Di MK
FKPPI Sumur Bandung Kerja Sama Dengan Komunitas BOUTOOT : Giat Konser Jaga Jarak
PPHI Kota Bandung Dorong Pemerintah Keluarkan Perda Advokasi Masyarakat Miskin
Rupa Cantik Jangan Terkotori Dengan Keburukan Akhlaq
Penjelasan Dari Kepala Bidang SMP DISDIK Kota Bandung PJJ Diperpanjang