Skyscraper
Skyscraper

Jangan Remehkan Daun sirih Yang Sangat Berkhasiat Dalam Mengobati Berbagai Penyakit

  • Wijayanti
  • Minggu, 4 Oktober 2020 | 04:14 WIB
foto

Wijayanti

Daun sirih

MANFAAT DAUN SIRIH DALAM MENGOBATI BERBAGAI PENYAKIT :

1). Mengobati penyakit asma Caranya, siapkan 4-5 daun sirih, rebus daun tersebut dalam gelas air sampai tersisa 1 gelas saja. Minum rebusan tersebut dengan rutin setidaknya 2-3 gelas sehari.

2). Menyembuhkan radang tenggorokkan Rebus 4-5 daun sirih dalam 2 gelas air sampai tersisa setengahnya. Minum rebusan tersebut secara rutin 2-3 gelas sehari.

3). Mengobati batuk Manfaat daun sirih lainnya adalah untuk mengobati batuk. Rebuslah 5 daun sirih merah dalam 300 ml air, minum rebusannya 2 kali setiap hari secara teratur.

4). Mengobati penyakit Bronchitis Untuk mengobati penyakit ini, yang Anda butuhkan adalah 6–10 daun sirih yang direbus dengan 300 ml air hingga tersisa setengahnya saja. Minum rebusan tersebut 3 kali sehari secara teratur.

5). Obat luka bakar ringan Caranya, tumbuk 3-5 lembar daun sirih merah dengan 2 sendok teh madu. Oleskan pada luka sehari dua kali.

6). Mengobati demam berdarah Rebus 5-6 daun sirih dalam 2 gelas air sampai tersisa setengahnya. Minum air rebusan 2 kali sehari secara rutin.

7). Menyembuhkan iritasi dan juga sakit mata Manfaat daun sirih yang cukup dikenal adalah untuk mengobati iritasi dan sakit mata. Rebus 1-2 lembar daun sirih dalam 1 gelas air, tunggu sampai dingin. Gunakan air rebusan tersebut untuk mengompres atau sebagai obat tetes.

8). Melancarkan haid Rebus 3 lembar daun sirih, 10 gram mahkota dewa, 15 gram umbi dewa dalam 2 gelas air sampai hanya tersisa 1 gelas saja. Minum rebusan tersebut 2 kali sehari.

9). Mengatasi masalah keputihan Caranya, rebus 5 -10 daun sirih merah dalam 250 ml air. Setelah dingin, saring airnya, dan gunakan untuk membasuh daerah kewanitaan.

10). Menghilangkan bau mulut Rebus 10-15 daun sirih dalam 4 gelas air sampai tersisa setengahnya. Gunakan untuk berkumur.

11). Obat penyakit jantung Salah satu manfaat daun sirih adalah untuk mengobati penyakit jantung. Tumbuk 3 lembar daun sirih, 3 siung bawang merah, 1 sendok makan jintan putih, dan biji kemukus sebanyak 7 pasang, lalu ditambahi dengan sendok makan air panas. Setelah agak dingin, saring. Minum ramuan 2 kali sehari.

12). Membersihkan kuman dari mulut Rebus 4-5 lembar daun sirih dengan 4 gelas air. Gunakan air rebusan untuk berkumur terutama setelah makan.

13).Obat gusi berdarah Rebus 10 lembar daun sirih merah dengan 4 gelas air sampai mendidih. Gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur setidaknya 3 kali dalam sehari.

14). Mengobati sakit gusi dan sariawan Anda cukup mengunyah 1–2 lembar daun sirih merah selama 10 menit, lakukan sebanyak 2 kali sehari.

15). Menghilangkan bau badan Rebus 10-15 lembar daun sirih dan 1 sendok teh garam dalam 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas saja. Minum air rebusan 2 kali sehari.

16). Menghilangkan keringat berlebih Manfaat daun sirih yang lain adalah mampu mengendalikan senyawa kavicol dan estragol pada produksi kelenjar keringat. Caranya, oleskan hasil tumbukan dari 2 lembar daun sirih pada area ketiak secara teratur. Anda juga bisa meminum rebusan air daun sirih sebanyak 2 gelas setiap hari.

17). Obat untuk payuda** yang membengkak Caranya, ambil beberapa lembar daun sirih, kemudian bakar sampai layu. Lalu, tempelkan pada payuda** yang bengkak saat masih hangat.

18). Mengurangi produksi ASI yang berlebih Manfaat daun sirih yang lain adalah mengurangi produksi ASI yang berlebih. Caranya, ambil 4 lembar daun sirih yang diolesi minyak kelapa yang dipanggang di atas api, ingat, jangan sampai hangus. Tempelkan di sekitar area payuda** dalam keadaan hangat.

19). Ramuan setelah melahirkan Rebus 2–5 lembar daun sirih dalam 4 gelas air sampai menyusut setengahnya. Minum rebusan tersebut satu kali setiap hari.

20). Mengobati alergi yang menimbulkan gatal-gatal Siapkan 6 lembar daun sirih, 1,5 sendok makan minyak kayu putih, dan juga 1 potong jahe. Tumbuk semua bahan, kemudian oleskan pada area yang gatal.

21). Obat asam urat Caranya rebus 8 lembar daun sirih muda dalam 500 ml air sampai menyisakan 3 gelas saja. Minumlah dengan teratur 75 ml air rebusan 3 kali sehari.

22). Mengobati diare Caranya, tumbuk halus 4-6 lembar daun sirih, 1 sendok makan minyak kelapa, dan 6 biji lada, kemudian gosokkan pada perut biarkan sampai mengering.

23). Obat mimisan Untuk mengobati mimisan, cukup dengan menggulung dan memasukkan daun sirih yang layu ke dalam hidung yang mimisan untuk penyumbat pendarahan.

24). Mengobati gigi Caranya, rebus selembar daun sirih dengan 2 gelas air sampai mendidih. Gunakan air rebusannya untuk berkumur. Lakukan secara berulang sampai sembuh.

25). Sebagai obat maag Siapkan 7 lembar daun sirih merah kemudian direbus dan diminum secara teratur 3 kali sehari.

26). Obat radang paru-paru Caranya, rebus 5 – 7 lembar daun sirih merah tua dalam 500 ml air sampai tersisa setengahnya saja. Minum secara rutin 3 kali sehari.

PENULIS :  ALUNG STEFANUS DJULI

WJ RED   : WJ.@Wijayanti

 

 

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Kebaikan Pasti Hadirkan Kebaikan
Kabupaten Garut Vaksin Covid 19 Sudah Siap Akan Dilaksanakan Awal 2021
Forkopimda Jabar Silatirahmi Dengan Pasangan Calon Bupati Dan Calon Wakil Bupati Kab Karawang
Rakor Komite Ajakan Penanganan Covid 19 Dan Pemulihan Ekonomi Daerah prov JABAR
Pengurus Cabang PBSI Kota Bandung Membentuk Bandung Batminton Academi