Skyscraper
Skyscraper

Ibadah Qurban Itu Apa

foto

Sejatinya apakah Ibadah Qurban itu ?ibadah qurban merupakan melatih diri untuk rela berqorban atau rela melepas nafsu yang menyerupai hewan.

Tapi apa akan bisa membunuh nafsu selama manusia masih hidup atau mematikan hawa nafsu kehewani, dalam arti *PENGENDALIAN*, karena mustahil hawa nafsu itu bisa di matikan selama seorang manusia hidup.

Kita mesti tahu apa itu hawa nafsu, dalam Al-Qur'an kalau di katakan Nafsu, artinya di dalam bahasa Indonesia adalah Jiwa.

Sementara Nafsu di dalam bahasa Al-Qur'an, adalah Hawahu.

Kita harus mengetahui Nafsu itu adalah bagian dari Jiwa Sementara Jiwa ada tiga unsur : Pikiran, Perasaan, dan Nafsu.

Nafsu itu unsurnya Api, dan selalu bergejolak dan panas Jika merasakan hal ini, maka kita harus segera menyadari akan sangat berbahayanya Nafsu, akan membakar diri Kita dituntut secara spiritual ilahiyah alamiyah KEIMANAN, untuk dapat mengendalikan api yang bergejolak di dalam diri kita ini, supaya tenang, dan di perkecil, ibaratnya hanya seperti api lilin.

Demikianlah perjuangan yang sangat berat bagi seorang muslim yang di simbolkan melalui ibadah Qurban.

Bagaimana kita bisa mengendalikan berbagai hawa nafsu : Biologis ataupun Psikologis Mampukah kita mengorbankan itu semua untuk penghambaan kita terhadap Yang Menciptakan diri kita Sendiri, yaitu Allah Swt.

Pastinya sangat berat : karena Rasullullah saw., sendiri bersabda sehabis perang Badar : Kita telah menyelesaikan perang yang kecil, dan akan menghadapi perang yang Besar, seorang sahabat bertanya, perang apakah Ya Rasullullah ?, Rasullullah saw menjawab : perang melawan Hawa Nafsu.

Mudah2an kita semua ummat Islam, mampu untuk memerangi, mengendalikan hawa nafsu, dengan simbolik keta'atan kita dalam melaksanakan ibadah Qurban.

Mari kita bersama-sama untuk Muhasabah dan Introspeksi. 

( WJ RED )

WJ.@Wijayanti

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Walikota Bandung Mendapat Ucapan Terimakasih Dari Pengemudi Ojol Karena Telah Mengapresiasinya
FITRAH UMMAT ISLAM SEBAGAI UMMATAN WASATON
Atas Keberhasilan Tim Prabu Mengungkap Kasus CURAT & CURAS Wali Kota Bandung Memberikan Piagam
Wakil Walikota Bandung Resmikan Masjid Al - Aman Yang Terletak Di Kecamatan Mandalajati
Meli Susanti (Lurah Pasir Wangi) Dan Jajaranya Memanen Kangkung Di Halaman Kelurahan